uptsdnpekuncen

10_NPSN dan NISN

NPSN adalah standar kode pengenal untuk sekolah yang unik dan berlaku nasional dalam rangka pengelolaan sekolah secara nasional secara akurat dan akuntabel dan merupakan fasilitas Pusat media informasi layanan pengelolaan Nomor Pokok Sekolah Nasional bagian dari program DAPODIK (Data Pokok Pendidikan Nasional) Departemen Pendidikan Nasional.
NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) adalah kode pengenal sekolah yang bersifat unik dan membedakan satu sekolah dengan sekolah lainnya. Penerapan kode pengenal sekolah selama ini masih belum ada standar yang baku. Aturan penyusunan kode pengenal sekolah antar satu propinsi bisa berbeda dengan propinsi lain. Dengan mekanisme pemberian kode pengenal sekolah yang tidak baku secara nasional, maka rentan terjadinya data sekolah ganda yang pada akhirnya tidak mampu menjadi pembeda utama bagi sekolah-sekolah di Indonesia.
Akibat dari tidak adanya standarisasi ini, muncul kesulitan dalam proses manajemen pengeolaan data sekolah dalam skala nasional. Karena itu dirasa sangat penting untuk melakukan standarisasi kodifikasi yang diterapkan di seluruh sekolah di Indonesia. Dengan standarisasi ini, NPSN akan benar-benar bersifat unik dan menjadi pembeda utama antar satu sekolah dengan sekolah lainnya di seluruh Indonesia.

Daftar Download NPSN di seluruh Indonesia :
Propinsi Nangroe Aceh Darussalam, Propinsi Sumatra Utara, Propinsi Sumatra Barat, Propinsi Riau, Propinsi Jambi, Propinsi Sumatra Selatan, Propinsi Bengkulu, Propinsi Lampung, Propinsi Kepulauan Bangka BelitungPropinsi Kepulauan Riau, Propinsi DKI Jakarta, Propinsi Jawa Barat, Propinsi Jawa Tengah, Propinsi DI Yogyakarta, Propinsi Jawa Timur, Propinsi Banten, Propinsi Kalimantan Barat, Propinsi Kalimantan Tengah, Propinsi Kalimantan Selatan, Propinsi Kalimantan TimurSulawesi Utara, Propinsi Sulawesi Tengah, Propinsi Sulawesi Tenggara, Propinsi Gorontalo, Propinsi Sulawesi Barat, Propinsi BaliPropinsi Nusa Tenggara Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur, Propinsi Maluku, Propinsi Maluku Utara, Propinsi Papua, Propinsi Irian Jaya Barat

************************************************************

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Bagian Sistem Informasi Biro Perencanaan Depdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Departemen Pendidikan Nasional. Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan juga sebagai pusat media informasi layanan pengelolaan Nomor Induk Siswa Nasional bagian dari program DAPODIK (Data Pokok Pendidikan Nasional) Departemen Pendidikan Nasional. NISN adalah standar kode pengenal untuk siswa sekolah yang unik dan berlaku nasional dalam rangka pengelolaan data siswa secara nasional secara akurat dan akuntabel.
Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. Mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN. Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online melalui web operator. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh Pusat Sistem NISN tersebut ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.jardiknas.org).

Tujuan dan Manfaat

  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit Kerja di Depdiknas, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa.
  • Daftar Download NISN UPT SDN Pekuncen berdasarkan periode / update :

    1. NISN~ (update 5 Oktober 2009)

    Written by misc10

    October 1, 2009 at 5:43 am

    %d bloggers like this: