uptsdnpekuncen

Bansos E-Learning TA 2011

with 2 comments

SEJARAH SINGKAT E-LEARNING

Sistem pembelajaran elektronik atau e-pembelajaran (Inggris: Electronic learning disingkat E-learning) adalah cara baru dalam proses belajar mengajar. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan.

Seperti Sebagaimana yang disebutkan di atas, e-learning telah mempersingkat waktu pembelajaran dan membuat biaya studi lebih ekonomis. E-learning mempermudah interaksi antara peserta didik dengan bahan/materi, peserta didik dengan dosen/guru/instruktur maupun sesama peserta didik. Peserta didik dapat saling berbagi informasi dan dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang, dengan kondisi yang demikian itu peserta didik dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran.

Dalam e-learning, faktor kehadiran guru atau pengajar otomatis menjadi berkurang atau bahkan tidak ada. Hal ini disebabkan karena yang mengambil peran guru adalah komputer dan panduan-panduan elektronik yang dirancang oleh “contents writer”, designer e-learning dan pemrogram komputer.

Dengan adanya e-learning para guru/dosen/instruktur akan lebih mudah :

  1. melakukan pemutakhiran bahan-bahan belajar yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang mutakhir
  2. mengembangkan diri atau melakukan penelitian guna meningkatkan wawasannya
  3. mengontrol kegiatan belajar peserta didik.

Kehadiran guru sebagai makhluk yang hidup yang dapat berinteraksi secara langsung dengan para murid telah menghilang dari ruang-ruang elektronik e-learning ini. Inilah yang menjadi ciri khas dari kekurangan e-learning yang tidak bagus. Sebagaimana asal kata dari e-learning yang terdiri dari e (elektronik) dan learning (belajar), maka sistem ini mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Adanya bantuan sosial Pembelajaran Elektronik (E-Learning) untuk Sekolah Dasar Tahun 2011 ini menggugah semangat kami untuk terus melaksanakan program-program sekolah kami, terutama yang berkaitan dengan pemanfaatan perangkat IT guna meningkatkan kemampuan para pendidik dan tenaga kependidikan yang pada akhirnya  akan berimbas pada peningkatan kemampuan peserta didik dalam mengembangkan potensinya.

Kami menyadari penggunaan komputer untuk kegiatan pembelajaran sangat tidak terbatas. Potensi teknologi komputer sebagai media dalam pembelajaran  begitu besar. Banyak sekali kontribusi nyata yang dihasilkan komputer bagi kemajuan pendidikan, khususnya pembelajaran di sekolah. Komputer dapat dimanfaatkan untuk mengatasi perbedaan individual peserta didik, mengajarkan konsep, melaksanakan perhitungan, dan menstimulir belajar peserta didik. Komputer dapat menuntun peserta didik mulai dari materi yang sangat sederhana hingga materi yang kompleks. Dengan bantuan programnya dan juga jaringan internet, komputer dapat memberi akses pada peserta didik untuk menganalisis dan mengeksplorasi konsep, sehingga peserta didik memperoleh pemahaman yang lebih baik dalam konsep tersebut. Hal inilah yang mendasari kami untuk mengajukan Bantuan Sosial Pembelajaran Elektronik (E-Learning) pada tahun ini untuk sekolah kami.

Oleh karena itu kami sangat optimis dengan bantuan sosial Pembelajaran Elektronik (E-Learning) serta upaya-upaya yang akan kami lakukan nantinya dapat memberikan dampak positif yang sangat besar bagi para pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah kami yang pada akhirnya akan memberikan kemajuan yang sangat pesat pada pengetahuan dan kemampuan para peserta didik, sebab peserta didik akan benar-benar memperoleh kesempatan yang seluas-luasnya untuk mengakses informasi dan pengetahuan yang diperlukannya dengan menggunakan perangkat komputer dan jaringan internet yang ada di sekolah. UPT SDN Pekuncen mendapatkan dana Bantuan Sosial E-LEARNING sebesar Rp.190.000.000 meliputi Peningkatan Mutu Manajemend an Peningkatan Kompetensi guru dalam pembelajaran E-learning , Pengadaan Media dan infrastruktur Pembelajaran dan Sarana Penunjang lainnya. Dana turun melalui rekening Bank Jatim pada tanggal 26 September 2011. Mitra kerja melalui pemenang lelang CV Citra Media Sidoarjo.
Download Proposal dan Laporan E-LEARNING TA 2011.

Written by misc10

November 24, 2011 at 1:47 am

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. apakah bisa minta contoh laporan bantuan sosial e-learning?

    yudha

    December 5, 2011 at 9:42 am

    • Ada, masih dalam proses finishing,
      maaf anda dari mana?

      uptsdnpekuncen

      December 27, 2011 at 5:04 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s