uptsdnpekuncen

Penyembelihan hewan qurban 2012

Latihan kurban di setiap sekolah kini telah menjadi tradisi saat hari raya Idhul Adha. Banyak sedikitnya hewan kurban yang disembelihpun tergantung pada kemampuan gotong royong peserta didik. Yang tentunya, atas kreatifitas panitia acara serta arahan dan bimbingan dari guru agama Islam.

UPT SDN PEKUNCEN misalnya, latihan kurban dijadikan agenda tahunan.  Diharapkan, peserta didik mampu mengambil hikmah sebagai perwujudan cinta kasih terhadap sesama. “Kami ingin tanamkan rasa cinta kasih kepada sesama manusia dengan saling berbagi,” ujar Kepala UPT SDN Pekuncen Hj. Afidah,S.Pd,MM disela kegiatan latihan kurban di halaman sekolah .

Menurut dia, pembelajaran dilakukan sejak dini agar siswa-siswi bisa memetik hikmah dari kegiatan yang sudah dilaksanakan. Kepanitian dipegang oleh OSIS sehingga para siswa dapat merasakan langsung, mulai dari proses pembelian, pemotongan, pengulitan, tetelan, cincang, hingga pendistribusian kepada warga. “60 persen dilaksanakan oleh siswa sedangkan guru pembimbing 40 persen dalam pelaksanaan kegiatan ini,” terangnya.

Seperti tahun sebelumnya, lanjut KS mengorbankan 1 ekor sapi. Satu ekor berasal dari gotong royong para siswa dan hasil sertifikasi guru serta semua personel, tenaga pendidik dan kependidikan “Kami tidak ingin tersiar kabar, kalau latihan kurban ini hanya untuk jor-joran para guru. Para guru dan TU juga iuran, karena kami lebih mementingkan masyarakat yang membutuhkan,” tandasnya.

Acara penymbelihan hewan qurban dilaksanakan di halaman sekolah UPT SDN Pekuncen pada 27 Oktober 2012 yang dilaksanakan oleh semua personel termasuk guru BTQ dan para tokoh pendidikan.
Hewan kurban langsung dibagikan kepada yang berhak menerima termasuk walimurid yang tidak mampu, tukang becak dan warga sekitar.

Written by misc10

October 31, 2012 at 1:14 am

Posted in School Base

%d bloggers like this: